Friday, March 11, 2016

Cara Tepat Memilih Memory Card untuk Smartphone

Memang tak dapat dipungkiri memory card menjadi salah satu komponen aksesoris wajib bagi mereka pengguna smartphone. Pasalnya saat ini penggunaan memory card atau microSD dapat berperan dalam membantu penyimpanan berbagai macam file entah itu foto, video, maupun file lainnya. Hal ini tentunya snagat membantu bagi mereka yang memiliki memori internal kecil.
Mungkin masih banyak orang beranggapan bahwa memory card hanya untuk media penyimpanan saja. Namun tahukah Anda bahwa ternyata memory card memiliki peranan penting dalam mempengaruhi kecepatan smartphone yang Anda gunakan. Ketika salah memilih memory maka dapat menurunkan kecepatan kinerja pada smartphone yang Anda gunakan. Oleh sebab itu ada baiknya untuk Anda mengetahui bagaimana saja cara tepat dalam memilih memory card untuk smartphone pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Cara Tepat Memilih Memory Card Smartphone
Melihat Ukuran Fisik
Cara tepat memilih memory card pada smartphone yang pertama adalah dengan melihat ukuran fisiknya. Secara umum memory card terdapat dua jenis yakn mini SD yang memiliki ukuran 21,5 x 200 mm serta microSD yang memiliki ukuran 11 x 20 mm. Nah bagi Anda yang ingin membeli ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu jenis memory card yang dapat digunakan pada smartphone Anda. Jangan sampai ketika membeli ternyata tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan smartphone Anda. akan tetapi lebh baik Anda membeli memory card yang dijual bersamaan dengan adaptor SD card supaya memudahkan Anda dalam pemindahan data dengan perangkat lain seperti laptop.
Perhatikan Kapasitas Penyimpanan Data
Cara tepat memilih memory card smartphone berikutnya adalah dengan memperhatikan kapasitas penyimpanan data. Secara umum memory card untuk jenis smartphone terdapat 3 jenis yaitu SD Card, SDHC, dan juga SDXC. Untuk tipe smartphone lebih banyak menggunakan SD Card yang umum digunakan. Tipe ini memiliki dukungan format file FAT16 dan juga mempunyai kapasitas penyimpanan data yang bervariasi mulai dari 32 MB sampai dengan 128 GB. Nah untuk Anda yang ingin menyimpan file besar, jangan lupa untuk memilih kapasitas memory card smartphone dengan ukuran besar pula.
Memilih Kecepatan Transfer Data
Cara yang berikutnya adalah memilih kecepatan transfer data yang dapat membantu smartphone agar lebih maksimal. Pada umumnya tingkat kecepatan pada memory card berbeda tergantung dengan clas masing-masing. Untuk paling cepat memang class 10 yang mencapai 10 MB/s atau kecepatan 66 kali. Untuk class lain seperti class 2 memiliki kecepatan hanya mencapai 2 MB/s, class 4 mempunyai kecepatan mencapai 4 MB/s atau kecepatan 13 kali, class 6 mempunyai kecepatan tulis sampai dengan 6 MB/s atau 30 kali, dan class 8 mempunyai kecepatan tulis minimum sampai 8 MB/s atau kecepatan 40 kali. Dari semua class tersebut yang terbaik memanglah class 10 yang mencapai kecepatan tulis minimum 10 MB/s atau kecepatan 66 kali.
Memilih Merk yang Berkualitas
Cara memilih yang terakhir adalah dengan memilih merk yang berkualitas. Sama seperti memilih barang elektronik lainnya, dalam memilih memory card untuk smartphone sebaiknya usahakan untuk yang sudah terkenal akan kualitasnya. Dengan begitu Anda akan merasa puas ketika membelinya. Saat ini terdapat banyak merk memory card untuk smartphone yang memiliki nama besar dengan kualitas yang dimiliki diantaranya seperi SanDisk, V-Gen, Transcend, dan banyak lagi. Selain itu jangan lupa untuk melihat garansi dari memory card tersebut.

Baca










No comments:

Post a Comment