Monday, March 28, 2016

Jenis Jamur yang Dapat Dikonsumsi

Setelah pada pembahasan sebelumnya membahas mengenai beberapa manfaat dari jamur merang, pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis jamur yang bisa untuk dikonsumsi. Jenis jamur pada umumnya memang cenderung sangatlah banyak ada yang bisa dikonsumsi adapula yang tak bisa dikonsumsi alias beracun. Jamur merupakan sumber makanan yang di dalamnya kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jamur yang mengndung banyak nutrisi pastinya masuk ke dalam salah satu jenis dari jamur yang dapat dikonsumsi. Nah untuk Anda yang belum mengetahui apa saja, sebenarnya jenis dari jamur yang bisa dikonsumsi? Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Jenis Jamur yang Bisa Dikonsumsi

Jamur Tiram

Jamur tiram meruapakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur ini disebut juga sebagai shimeji. Jamur tiram memiliki banyk kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran apabila jamur jenis ini banyak dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ciri fisik dari jamur tiram antara lain seperti tangkai tudung yang mirip dengan cangkang dari kerang. Untuk warna jamur tiram lebih cendrerung ke warna cream sampai dengan warna putih. Jenis jamur tiram paling enak dan lezat sehingga banyak disukai masyarakat. Bagaimana tertarik untuk mencicipin olahan jamur tiram yang pastinya memiliki banyak manfaat?

Jamur Kancing

Jamur kancing merupakan jenis jamur berikutnya yang dapat Anda  konsumsi. Jenis jamur ini merupakan salah satu jenis dari jamur yang banyak dibudidayakan di dunia. Lantas kenapa bernama jamur kancing? Ini dikarenakan pada bentuknya, jenis jamur ini memiliki bentuk fisik seperti kancing dengan bentuk bulat dengan warna mulai dari cream, cokelat muda, dan juga putih bersih. Jenis jamur kancing ini bisa dijual dalam bentuk jamur yang masih kondisi segar maupun dalam bentuk kaleng. Tak kalah dengan jenis jamur tiram, untuk jenis jamur kancing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun kandungan di dalamnya seperti mineral, vitamin, bebas akan lemak, dan banyak lagi.

Jamur Merang

Jenis jamur yang dapat dikonsumsi berikutnya adalah jamur merang. Jamur merang juga termasuk sebagai jamur yang juga banyak diproduksi di dunua. Adapun sebutan lain dari jamur merang ini adalah amanita virgate. Untuk jamur merang sendiri sangat cocok dibudidayakan pada daerah dengan iklim tropis dan juga sub tropics. Tak kalah dengan kedua jenis jamur di atas, jamur merang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini dikarenakan di dalamnya mengandung kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Jamur merang memiliki cita rasa yang lezat.

Jamur Shitake

Untuk jenis jamur yang satu ini juga banyak diproduksi berbagai negara seperti Jepang, Korea Selatan, maupun juga China. Untuk jamur ini sudah dibudidayakan pada tahun 1940 di China. Akan tetapi secara tradisional jamur Shitake ini sudah ada sejak tahun 900 di negara China. Jamur jenis Shitake banyak diolah menjadi berbagai macam kuliner lezat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Demikianlah tadi beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Olahan kuliner jamur memang memiliki cita rasa yang khas dengan  berbagai campuran kombinasi rempah-rempah. Untuk jenis jamur lain yang dapat dikonsumsi juga seperti jenis jamur Enokitake yang dibudidayakan dengan ciri khas warna putih karena terlindung dari sinar matahari.

Baca



No comments:

Post a Comment